Langsung ke konten utama

PERAN PUBLIC REALTIONS

Tugas Media Relation Vclass


Berbicara tentang new normal tentunya kita akan menyinggung dan membahas tentang new habit (kebiasaan baru). Bagi seorang PR, kebiasaan baru akan tercipta jika kita dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Kebiasaan baru yang dalam konteks tulisan ini mengarah kepada new style ("gaya baru"). Konteks "gaya baru" ini tentunya harus dapat dijalankan oleh para praktisi PR.
Konsep new style merupakan hal baru yang dapat dijalankan oleh praktisi PR. Konsep ini memuat unsur 3A. Apa itu unsur 3A? Unsur-unsur tersebut adalah Adopt, Adapt, Adept. Nah, ketiga unsur ini bersifat esensial bagi seoranag PR.
Unsur Adopt menjelaskan bahwa PR harus dapat mengadopsi atau menggunakan teknologi yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. PR harus mampu menyampaikan pesan informasi dengan menggunakan media digital yang tepat dan mutakhir. Unsur Adapt menjelaskan bahwa PR harus mampu beradaptasi dengan hal-hal baru yang telah diadopasi.
Beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mampu membuat konten yang kreatif dan bersifat informatif serta solutif bagi masyarakat.
Terdapat beberapa strategi pendekatan baru yang dapat dilakukan oleh seorang PR dalam menghadapi krisis khususnya di masa pandemi saat ini. Nah, strategi pendekatan yang tepat ini akan menimbulkan dan membentuk new culture (budaya baru). Adapun beberapa aspek budaya baru seorang praktisi PR adalah accessibility, availability, sensitivity, technology update, dan creativity beyond limits.Unsur technology update (pembaruan teknologi) menjelaskan bahwa saat ini kita telah memasuki era digital yang serba modern. Seorang PR dituntut untuk dapat selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat secara efektif dan efisien ketika menyampaikan pesan informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUBLIC RELATION OFFICER

Public Relation Officer (PRO) Public Relation  atau Hubungan Masyarakat merupakan bentuk komunikasi dua arah yang terjadi antara organisasi dan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan menejemen dengan meningkatkan kerjasama”. Dalam ruang lingkup PRO peran internet tidak dapat dipisahkan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik terhadap kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seorang praktisi PR dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih mudah. Menurut Ruslan (2005:9), tugas seorang PRO ialah “menunjang kegiatan menejemen dalam mencapai tujuan perusahaan, membina hubungan yang baik antara internal dan eksternal perusahaan, menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan publik, sebagai penyebar informasi, dan dapat melayani publik beserta perusahaan demi kepentingan bersama”. Dalam menjalankan tugas dan fungsi PRO tidak lepas dengan peran serta internet dalam menunjang aktivitas seorang PRO. Teknologi mempenga...

Portofolio Desain Poster (Eksternal Perusahaan Grab)

Tips Foto Jurnalistik

Yuk kita belajar beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat foto jurnalistik 1. Antisipasi Kamu perlu berlatih memotret saat berada dilapangan langsung dengan kondisi yang sebenarnya sehingga kamu tidak bingung lagi dengan settingan kamera dan lebih fokus untuk mendapatkan momen. 2. Penelitian Kamu perlu untuk mengetahui semua tentang tempat yang akan kamu kunjungi, maka penelitian sangat diperlukan terutama untuk tempat yang baru pertama kali akan dikunjungi. Juga tentang isu apa yang akan kamu angkat nantinya. 3. Reach Out Kamu perlu untuk membangun koneksi dan berteman dengan semua orang sebanyak mungkin, misalnya dengan pengemudi, penerjemah, dan lainnya karena mungkin kita akan membutuhkan bantuan mereka suatu saat nanti. 4. Latihan Sangat penting untuk menguasai kamera yang kamu gunakan dan cara memaksimalkan. Percuma jika kamu menggunakan kamera berteknologi tinggi tapi kurang menguasainya.