Apa itu Media Relation?
Media relation merupakan Kegiatan HUMAS untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa.
Philip Lesley (1991: 7 memberikan Definisi media relation sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau mersepon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.)
Peranan Media Relation
Media relation sebagai kompenen dari Public relation tentu saja mengikuti langkah-langkah standar Public relation. Standar cara kerja Public relation mencakup :
- Pengumpulan fakta
- Perencanaan dan penyusunan program, menurut permasalahan yang telah dirumuskan
- Melalukan rencana dengan tindakan komunikasi
- Merumuskan permasalahan menurut hasil penelitian atau kajian.
- Evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan dan program Public relation
Tujuan Media Relation
Apabila suatu perusahaan melaksanakan program media relation, pada biasanya ialah perusahaan yang sangat memerlukan dukungan media massa dalam pencapaian :
- Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan media
- Untuk memdapatkan publisitas seluas mungkin mengenai aktivitas serta instansi
- Menciptakan relasi yg stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.
- Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan aktivitas organisasi
Fungsi Media Relation
- Memajukan citra perusahaan.
- Meningkatkan hubungan dari berbagai publik, seperti terhadap instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.
- Memajukan point of selling dari produk dan jasa.
- Menambahkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Menolong perusahaan keluar dari komunikasi krisis.
Aktivitas Media Relation
Aktivitas media relation pada umumnya dilaksanakan oleh departemen Public relation, bentuk aktivitasnya berupa:
- Pengiriman siaran pers
- Mengadakan konfrensi pers
- Mengadakan perjalanan pers
- Menjadi narasumber media
- Mengadakan media gathering
- Mengadakan wawancara khusus
- Mengadakan special event
Kegiatan Penulisan dalam Media Relations
- Penulisan Press Release, adalah informasi tertulis yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau organisasi untuk dipublikasikan di media massa. Dengan pemuatan siaran pers, instansi mendapatkan publisitas sehubungan dengan event yang diselenggarakan atau berita yang diangkat.
- Penulisan Artikel, adalah mengirim seluruh bentuk tulisan di media massa, baik opini, esai, kolom dsb yang isinya sesuai dengan misi lembaga.
- Penulisan Surat Pembaca,adalah kegiatan untuk menginformasikan seluruh sesuatu via forum pembaca yang disediakan ruangnya oleh media cetak, baik informasi itu berasal dari inisiatif lembaga, maupun sebagai umpan balik (jawaban) bagi publik yang menulis seputar lembaga, aktivitas, atau misi lembaga kita. Jawaban surat pembaca yang baik ditulis dengan kalimat-kalimat simpatik dan tak emosional.
- Penulisan Feature, adalah penulisan karangan khas/tuturan/berita kisah yang didapatkan dari hasil reportase sendiri atau interpretasi data yang telah tersedia. Publikasi kadang tak cukup cuman disajikan dalam bentuk pers rilis sehingga perlu ditulis lebih komplit dan rinci. Aktivitas dan misi lembaga dapat diceritakan dalam format berita kisah untuk menarik perhatian audiens media.
- Penulisan Advertorial (pariwara), adalah penulisan iklan perihal lembaga atau aktivitasnya dalam bentuk seperti berita. Umumnya organisasi yang ingin advertorialnya dimuat membeli space (halaman/durasi) dengan sejumlah nominal tertentu.
- Penulisan Annual Report, adalah penulisan laporan tahunan perihal aktivitas lembaga yang penting dikenal oleh stakeholder lembaga. Pengiriman laporan tahunan ke media lebih ditujuakn sebagai upaya membangun kepercayaan, pertanggungjawaban, dan hubungan dengan media. Tidak ditujukan untuk dimuat. Bila ditujukan untuk pemuatan, dibutuhkan resume/ringkasan dalam bentuk press release.
Source : https://www.akudigital.com/bisnis-tips/peranan-media-relations/
Komentar
Posting Komentar