Langsung ke konten utama

Peranan Media Relations serta Tujuannya



Apa itu Media Relation?

Media relation merupakan Kegiatan HUMAS untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa.

Philip Lesley (1991: 7 memberikan Definisi media relation sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau mersepon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.)

Peranan Media Relation

Media relation sebagai kompenen dari Public relation tentu saja mengikuti langkah-langkah standar Public relation. Standar cara kerja Public relation mencakup :

  • Pengumpulan fakta
  • Perencanaan dan penyusunan program, menurut permasalahan yang telah dirumuskan
  • Melalukan rencana dengan tindakan komunikasi
  • Merumuskan permasalahan menurut hasil penelitian atau kajian.
  • Evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan dan program Public relation
Tujuan Media Relation

Apabila suatu perusahaan melaksanakan program media relation, pada biasanya ialah perusahaan yang sangat memerlukan dukungan media massa dalam pencapaian :

  • Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan media
  • Untuk memdapatkan publisitas seluas mungkin mengenai aktivitas serta instansi
  • Menciptakan relasi yg stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.
  • Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan aktivitas organisasi

Fungsi Media Relation

  • Memajukan citra perusahaan.
  • Meningkatkan hubungan dari berbagai publik, seperti terhadap instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.
  • Memajukan point of selling dari produk dan jasa.
  • Menambahkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Menolong perusahaan keluar dari komunikasi krisis.
Aktivitas Media Relation

Aktivitas media relation pada umumnya dilaksanakan oleh departemen Public relation, bentuk aktivitasnya berupa:

  1. Pengiriman siaran pers
  2. Mengadakan konfrensi pers
  3. Mengadakan perjalanan pers
  4. Menjadi narasumber media
  5. Mengadakan media gathering
  6. Mengadakan wawancara khusus
  7. Mengadakan special event

Kegiatan Penulisan dalam Media Relations

  1. Penulisan Press Releaseadalah informasi tertulis yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau organisasi untuk dipublikasikan di media massa. Dengan pemuatan siaran pers, instansi mendapatkan publisitas sehubungan dengan event yang diselenggarakan atau berita yang diangkat.
  2. Penulisan Artikeladalah mengirim seluruh bentuk tulisan di media massa, baik opini, esai, kolom dsb yang isinya sesuai dengan misi lembaga.
  3. Penulisan Surat Pembaca,adalah kegiatan untuk menginformasikan seluruh sesuatu via forum pembaca yang disediakan ruangnya oleh media cetak, baik informasi itu berasal dari inisiatif lembaga, maupun sebagai umpan balik (jawaban) bagi publik yang menulis seputar lembaga, aktivitas, atau misi lembaga  kita. Jawaban surat pembaca yang baik ditulis dengan kalimat-kalimat simpatik dan tak emosional.
  4. Penulisan Feature, adalah penulisan karangan khas/tuturan/berita kisah yang didapatkan dari hasil reportase sendiri atau interpretasi data yang telah tersedia. Publikasi kadang tak cukup cuman disajikan dalam bentuk pers rilis sehingga perlu ditulis lebih komplit dan rinci. Aktivitas dan misi lembaga dapat diceritakan dalam format berita kisah untuk menarik perhatian audiens media.
  5. Penulisan Advertorial (pariwara), adalah penulisan iklan perihal lembaga atau aktivitasnya dalam bentuk seperti berita. Umumnya organisasi yang ingin advertorialnya dimuat membeli space (halaman/durasi) dengan sejumlah nominal tertentu.
  6. Penulisan Annual Reportadalah penulisan laporan tahunan perihal aktivitas lembaga yang penting dikenal oleh stakeholder lembaga. Pengiriman laporan tahunan ke media lebih ditujuakn sebagai upaya membangun kepercayaan, pertanggungjawaban, dan hubungan dengan media. Tidak ditujukan untuk dimuat. Bila ditujukan untuk pemuatan, dibutuhkan resume/ringkasan dalam bentuk press release.
Source : https://www.akudigital.com/bisnis-tips/peranan-media-relations/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUBLIC RELATION OFFICER

Public Relation Officer (PRO) Public Relation  atau Hubungan Masyarakat merupakan bentuk komunikasi dua arah yang terjadi antara organisasi dan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan menejemen dengan meningkatkan kerjasama”. Dalam ruang lingkup PRO peran internet tidak dapat dipisahkan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik terhadap kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seorang praktisi PR dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih mudah. Menurut Ruslan (2005:9), tugas seorang PRO ialah “menunjang kegiatan menejemen dalam mencapai tujuan perusahaan, membina hubungan yang baik antara internal dan eksternal perusahaan, menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan publik, sebagai penyebar informasi, dan dapat melayani publik beserta perusahaan demi kepentingan bersama”. Dalam menjalankan tugas dan fungsi PRO tidak lepas dengan peran serta internet dalam menunjang aktivitas seorang PRO. Teknologi mempengaruhi

Animasi GIF ChatBot Tari Tradisional

 Banten Tari Rampak Bedug Banten DKI Jakarta Tari Ondel-Ondel Dki Jakarta  Tari Pencak Silat Jakarta  Tari Kembang Topeng Jakarta Jawa Barat  Tari Jaipongan Jawa Barat  Tari Banjet Jawa Barat  Tari PatiLaras Jawa Barat  Tari Topeng Jawa Barat Jawa Tengah  Tari Serimpi Jateng  Tari Bambang Cakil Jateng  Tari Bugis Kembar Jateng  Tari Gambir Anom Jateng  Tari Gambyong Jateng   Tari Gandrung Jateng   Tari Gatotkaca Jateng  Jawa Timur  Tari Reog Ponorogo Jatim  Tari Gandrung Banyuwangi Jatim  Tari Jaran Kepang Jatim   Tari Remong Jatim Yogyakarta  Tari Gambir Anom Yogya  Tari Serimpi Yogya 

Portofolio Desain Poster (Eksternal Perusahaan Grab)