Langsung ke konten utama

TUGAS KAMPUS PRESS RELEASE (MEDIA RELATIONS)

Nama    : Bayu Putra Pangestu
Kelas     : 2MA18
Npm      : 11819307 

PRESS RELEASE & MEDIA RELATIONS 


Apa itu Press Release?

Press Release merupakan alat komunikasi tertulis yang berguna untuk menyampaikan informasi dari suatu pihak kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, laporan, pernyataan, pengumuman, permohonan, permintaan, dan sebagainya.

Press Release yang baik disertai dengan kemampuan membangun hubungan dengan media (Media Relations) yang positif pasti akan mendapatkan perhatian yang lebih dari media/jurnalis.

Citra sebuah instansi pemerintahan, organisasi perusahaan sangat tergantung dari kemampuan Humans/Public Relation-nya/PR yang baik akan mampu menyampaikan informasi secara tepat, baik itu dalam press conference, pidato, atau presentasi. Untuk mencapai tujuan suatu instansi, unsur kerjasama baik ke dalam maupun luar sangat penting artinya. Salah satu bentuk hubungan kerjasama keluar adalah hubungan dengan media/pers (media relations). Agar kerjasama dapat dilaksanakan dengan baik, perlu adanya komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan oleh suatu instansi/lembaga dengan tertulis, yaitu penulisan Press Release. Dan tidak jarang sebuah instansi atau perusahaan kesulitan mengemas Press Release dalam bentuk kedinasan maupun bisnis.

Pada Blog ini, saya akan menunjukan hasil dalam penulisan saya dalam membuat Press Release.


Press Release yang saya buat benar-benar adanya(fakta), pada eksperimen kali ini saya mengambil suatu instansi/perusahaan sepatu lokal yang populer bagi kalangan anak muda yang berasal dari Bandung. Mengapa mengambil perusahaan sepatu ini? Dikarenakan setiap kali perusahaan ini merilis sepatu, warga media sosial antusias untuk mendapatkan sepatu ini, seolah-olah warganet terkena dampak dari perilisan sepatu ini dan hasilnya tidak segampang itu dikarenakan perusahaan compass merilis hanya beberapa puluh unit saja. Disitu lah mengapa saya mengangkat perusahaan compass sebagai Press Release dari tugas saya pada mata kuliah Media Relations








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUBLIC RELATION OFFICER

Public Relation Officer (PRO) Public Relation  atau Hubungan Masyarakat merupakan bentuk komunikasi dua arah yang terjadi antara organisasi dan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan menejemen dengan meningkatkan kerjasama”. Dalam ruang lingkup PRO peran internet tidak dapat dipisahkan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik terhadap kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seorang praktisi PR dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih mudah. Menurut Ruslan (2005:9), tugas seorang PRO ialah “menunjang kegiatan menejemen dalam mencapai tujuan perusahaan, membina hubungan yang baik antara internal dan eksternal perusahaan, menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan publik, sebagai penyebar informasi, dan dapat melayani publik beserta perusahaan demi kepentingan bersama”. Dalam menjalankan tugas dan fungsi PRO tidak lepas dengan peran serta internet dalam menunjang aktivitas seorang PRO. Teknologi mempengaruhi

Animasi GIF ChatBot Tari Tradisional

 Banten Tari Rampak Bedug Banten DKI Jakarta Tari Ondel-Ondel Dki Jakarta  Tari Pencak Silat Jakarta  Tari Kembang Topeng Jakarta Jawa Barat  Tari Jaipongan Jawa Barat  Tari Banjet Jawa Barat  Tari PatiLaras Jawa Barat  Tari Topeng Jawa Barat Jawa Tengah  Tari Serimpi Jateng  Tari Bambang Cakil Jateng  Tari Bugis Kembar Jateng  Tari Gambir Anom Jateng  Tari Gambyong Jateng   Tari Gandrung Jateng   Tari Gatotkaca Jateng  Jawa Timur  Tari Reog Ponorogo Jatim  Tari Gandrung Banyuwangi Jatim  Tari Jaran Kepang Jatim   Tari Remong Jatim Yogyakarta  Tari Gambir Anom Yogya  Tari Serimpi Yogya 

Portofolio Desain Poster (Eksternal Perusahaan Grab)