Langsung ke konten utama

ANALISIS MEDIA MASSA (Press Release Sepatu Compass)

 Tugas Kampus Analisis Media Massa (Press Release RetroGrade Compass) 


ABOUT SEPATU COMPASS
Compass started its humble beginning in 1998, as a small family business in Bandung. Two decades later, Compass is reborn with a fresh contemporary touch, while still retaining its history; a solid mix of classic vintage design and pop modern approach. The signature side stripe, symbolizes a running Gazelle in full flight - signifying the brand's belief in endurance and drive to keep moving forward.

  • Jenis Media -> Media Online 
Produk Sepatu Compass Hanya di jual lewat toko online yaitu Tokopedia, selain itu ada di berbagai online shop akan tetapi berbeda dengan harga aslinya yang ada di Tokopedia/(Harga Retail).

  • Kebijakan Media
Mementingkan Kualitas bukan Kuantitas, Sudah menjadi rahasia umum, bahwa produksi Compass hampir selalu terbatas. Setiap kali rilis produk baru jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak jarang kondisi ini memicu komentar-komentar sumbang dari warganet. Strategi pemasaran agar selalu laris manis, katanya.

Bila alasan di balik hal tersebut hanya demi keuntungan semata, tentu Compass sudah memasang harga jauh lebih tinggi. Namun, alasan utamanya adalah kualitas.

Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Compass masih dibuat secara hand made atau dibuat dengan tangan. Ada sekitar 20 orang karyawan yang berperan di balik proses produksi sneakers lokal tersebut. Maka, tentu saja angka yang bisa diproduksi terbatas demi terjaganya kualitas.

Mereka tidak ingin mengejar jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar, namun standar kualitas terabaikan. Ini juga yang menjadi salah satu magnet yang membuat orang mempercayai merek ini.

  • Sasaran Public -> Hobby 
Pada tahun 2017, Compass berhasil mengidentifikasi pasar dengan merilis sepatu dengan desain kekinian. Motif sederhana, warna netral, dan bahan kanvas mengingatkan kita dengan sepatu brand-brand internasional. Compass mengetahui bahwa penggerak utama trend ada pada kalangan millennials dan anak muda. Ditambah lagi Compass berkolaborasi dengan brand-brand dan desainer terkenal untuk merilis sepatu spesial mereka yang membantu meningkatkan nama Compass.

Sepatu ini juga dipopulerkan oleh para influencer seperti Najwa Shihab dan Dr. Tirta. Hal ini menjadi kombinasi strategi pemasaran mereka dengan strategi model kelangkaan untuk menarik minat para pembeli. Strategi model kelangkaan telah digunakan oleh perusahaan raksasa seperti Nike dan Adidas. Namun, faktor terbesar dari besarnya antusiasme Compass adalah value yang ingin disampaikan oleh brand tersebut. Mereka menitipkan selembar kertas di dalam kotak sepatu yang menjadi pesan dari para pembuat sepatu untuk para pembeli sepatu. Selembar kertas tersebut terdiri dari 4 bagian yang dipisah ke setiap kotak sepatu. Oleh karena itu, pesan yang diterima pembeli akan menjadi utuh ketika mereka mendapatkan 4 bagian tersebut. Untuk mendapatkan 4 bagian secara lengkap, pelanggan tentunya perlu beberapa kali membeli dan mengoleksi sepatu untuk mendapatkan kesempatan menemukan bagian yang masih belum lengkap. Di sanalah pengalaman perjalanan Compass sampai sekarang akan terasa oleh para pembeli.

  • Siklus Terbit/Penayangan
Dirilis mulai tanggal 23 Maret 2021 pukul 10:00 WIB dan setiap hari berikutnya hanya di Tokopedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses ChatBot

 Animasi Gif  Avatar

Baca Sejenak Saat Sedang Pulang Kerja/kuliah/sekolah

Jika tadi terasa berat. Dengarkanlah musik indie yang menenangkan selama di jalan  Tersenyum lah sedikit tanpa perlu alasan saat mendengarnya Jika tadi penuh tawa Jagalah mereka, orang-orang baik. Jangan menganggap remeh keberadaan mereka. Mereka lebih penting daripada selebritis idolamu Jika tadi terasa sakit Tahan. Sebentar lagi kamu akan sampai rumah. Kamu bisa melupakan dunia sejenak di kamarmu Jika tadi terasa membosankan Buatlah rencana hari Sabtu atau Minggu untukmu. Kamu boleh keluar dari rutinitas sejenak. Ikutlah seminar yang kamu suka, jalan-jalan ke curug terdekat, atau sekedar diam membuka laptop di coffeshop dikotamu. Atau apapun itu Jika hujan datang saat kamu masih dijalan. Rasakan aromanya. Aromanya khas. Sebutlah aroma itu aroma perjuangan Maka kamu akan ingat betapa kuatnya dirimu, Betapa romantisnya perjalanan mengayuh waktu Jika tadi terasa melelahkan. Itu pertanda baik, pekerja keras pasti kelelahan disaat petang Lelah adalah tanda b...

Portofolio Desain Grafis (Spanduk Rumah Makan Mas Bagas)

  Costumer : Mas Bagas Tanggal : 15 Oktober 2020 Software : Adobe Illustrator CC 2017