Langsung ke konten utama

ANALISIS MEDIA MASSA (Press Release Sepatu Compass)

 Tugas Kampus Analisis Media Massa (Press Release RetroGrade Compass) 


ABOUT SEPATU COMPASS
Compass started its humble beginning in 1998, as a small family business in Bandung. Two decades later, Compass is reborn with a fresh contemporary touch, while still retaining its history; a solid mix of classic vintage design and pop modern approach. The signature side stripe, symbolizes a running Gazelle in full flight - signifying the brand's belief in endurance and drive to keep moving forward.

  • Jenis Media -> Media Online 
Produk Sepatu Compass Hanya di jual lewat toko online yaitu Tokopedia, selain itu ada di berbagai online shop akan tetapi berbeda dengan harga aslinya yang ada di Tokopedia/(Harga Retail).

  • Kebijakan Media
Mementingkan Kualitas bukan Kuantitas, Sudah menjadi rahasia umum, bahwa produksi Compass hampir selalu terbatas. Setiap kali rilis produk baru jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak jarang kondisi ini memicu komentar-komentar sumbang dari warganet. Strategi pemasaran agar selalu laris manis, katanya.

Bila alasan di balik hal tersebut hanya demi keuntungan semata, tentu Compass sudah memasang harga jauh lebih tinggi. Namun, alasan utamanya adalah kualitas.

Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Compass masih dibuat secara hand made atau dibuat dengan tangan. Ada sekitar 20 orang karyawan yang berperan di balik proses produksi sneakers lokal tersebut. Maka, tentu saja angka yang bisa diproduksi terbatas demi terjaganya kualitas.

Mereka tidak ingin mengejar jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar, namun standar kualitas terabaikan. Ini juga yang menjadi salah satu magnet yang membuat orang mempercayai merek ini.

  • Sasaran Public -> Hobby 
Pada tahun 2017, Compass berhasil mengidentifikasi pasar dengan merilis sepatu dengan desain kekinian. Motif sederhana, warna netral, dan bahan kanvas mengingatkan kita dengan sepatu brand-brand internasional. Compass mengetahui bahwa penggerak utama trend ada pada kalangan millennials dan anak muda. Ditambah lagi Compass berkolaborasi dengan brand-brand dan desainer terkenal untuk merilis sepatu spesial mereka yang membantu meningkatkan nama Compass.

Sepatu ini juga dipopulerkan oleh para influencer seperti Najwa Shihab dan Dr. Tirta. Hal ini menjadi kombinasi strategi pemasaran mereka dengan strategi model kelangkaan untuk menarik minat para pembeli. Strategi model kelangkaan telah digunakan oleh perusahaan raksasa seperti Nike dan Adidas. Namun, faktor terbesar dari besarnya antusiasme Compass adalah value yang ingin disampaikan oleh brand tersebut. Mereka menitipkan selembar kertas di dalam kotak sepatu yang menjadi pesan dari para pembuat sepatu untuk para pembeli sepatu. Selembar kertas tersebut terdiri dari 4 bagian yang dipisah ke setiap kotak sepatu. Oleh karena itu, pesan yang diterima pembeli akan menjadi utuh ketika mereka mendapatkan 4 bagian tersebut. Untuk mendapatkan 4 bagian secara lengkap, pelanggan tentunya perlu beberapa kali membeli dan mengoleksi sepatu untuk mendapatkan kesempatan menemukan bagian yang masih belum lengkap. Di sanalah pengalaman perjalanan Compass sampai sekarang akan terasa oleh para pembeli.

  • Siklus Terbit/Penayangan
Dirilis mulai tanggal 23 Maret 2021 pukul 10:00 WIB dan setiap hari berikutnya hanya di Tokopedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUBLIC RELATION OFFICER

Public Relation Officer (PRO) Public Relation  atau Hubungan Masyarakat merupakan bentuk komunikasi dua arah yang terjadi antara organisasi dan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan menejemen dengan meningkatkan kerjasama”. Dalam ruang lingkup PRO peran internet tidak dapat dipisahkan, jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak baik terhadap kemajuan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi seorang praktisi PR dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih mudah. Menurut Ruslan (2005:9), tugas seorang PRO ialah “menunjang kegiatan menejemen dalam mencapai tujuan perusahaan, membina hubungan yang baik antara internal dan eksternal perusahaan, menciptakan komunikasi dua arah antara perusahaan dan publik, sebagai penyebar informasi, dan dapat melayani publik beserta perusahaan demi kepentingan bersama”. Dalam menjalankan tugas dan fungsi PRO tidak lepas dengan peran serta internet dalam menunjang aktivitas seorang PRO. Teknologi mempengaruhi

Animasi GIF ChatBot Tari Tradisional

 Banten Tari Rampak Bedug Banten DKI Jakarta Tari Ondel-Ondel Dki Jakarta  Tari Pencak Silat Jakarta  Tari Kembang Topeng Jakarta Jawa Barat  Tari Jaipongan Jawa Barat  Tari Banjet Jawa Barat  Tari PatiLaras Jawa Barat  Tari Topeng Jawa Barat Jawa Tengah  Tari Serimpi Jateng  Tari Bambang Cakil Jateng  Tari Bugis Kembar Jateng  Tari Gambir Anom Jateng  Tari Gambyong Jateng   Tari Gandrung Jateng   Tari Gatotkaca Jateng  Jawa Timur  Tari Reog Ponorogo Jatim  Tari Gandrung Banyuwangi Jatim  Tari Jaran Kepang Jatim   Tari Remong Jatim Yogyakarta  Tari Gambir Anom Yogya  Tari Serimpi Yogya 

Portofolio Desain Poster (Eksternal Perusahaan Grab)